Saturday, June 27, 2009

kura-kura brazil..



Ada Apa dengan salmah n adik nye (Kura-Kura Brasil)?
+ penjelasan bagaimana memelihara kura-kura brasil dengan baik. Saya diajarkan cara memilih kura-kura yaitu dengan melihat karapasnya, karapas adalah nama lain tempurung kura-kura. Semakin simetris karapasnya, katanya semakin baik nilai keindahan kura-kura tersebut.

Kura-kura Brasil dikenal dengan nama latin Chrysemsy Seripta Sp. berasal dari Amerika Selatan, dan digolongkan sebagai penyu kolam. Jenis yang salmah n adiknye ni jenis Red Ear Slider, yaitu kura-kura yang memiliki ciri dengan guratan merah pada setiap sisi kepalanya, karapasnya berwarna hijau dan terdapat garis-garis kuning yang membentuk pola-pola tertentu. Kura-kura jenis ini bukan binatang langka, mereka sengaja ditangkarkan dan diperdagangkan karena keindahannya dan juga lebih jinak dibandingkan kura-kura jenis lainnya.


Setelah membaca beberapa artikel di internet, kura-kura jantan dengan kuku jari yang runcing panjang dan kloaka yang jauh dari tempurung.betina lak dia punye ekor lebih besar dari kura2 jantan..kura2 jantan ekor dia panjang..

Time kecil, sangat senang jika diberi sejenis pelet makan berbentuk bulat dengan merk Makuku yang komposisinya terdiri dari udang, ikan dan beberapa vitamin. Setelah agak besar, makan dengan yang lebih mewah yaitu Turtle Food ORCA. Bentuk pelet ini adalah batangan, sehingga terkadang mereka harus beberapa kali menguyahnya sebelum menelannya. Salmah ni sgt suke kolu kite menyodorkan makanan itu ke mulutnya, mereka dengan sigap merebutnya dari jari. Pada bulan ketiga pertumbuhan karapas dan tubuh mereka sangat cepat sekali seiring dengan napsu makannya.

terkadang salmah akn mengeluarkan suara-suara tertentu jika mereka lapar. Suara mendecit-decit seperti suara tikus, dan itu tidak begitu keras. Namun demikian perlu suatu penelitian lebih lanjut, apakah stimulus yang merangsang kura-kura tersebut berasal dari pendengaran atau dari penglihatannya. Kura-kura punya telinga kah?
Dalam fabel (dongeng binatang) mereka digambarkan sebagai binatang yang pendiam, lambat dan sabar. Namun ternyata tidak demikian pada kura-kura yang berumur muda. Mereka adalah binatang periang, suka keributan, dan jarang tidur. Salmah mule x aktif sgt bile da besa Karapasnya yang besar membuat mereka dapat menampung oksigen lebih banyak sehingga dapat bertahan dalam air lebih lama. Mereka pun menjadi lebih tenang dari sebelumnya, dan jika tidur agak sulit dibangunkan.
Banyak aktivis lingkungan hidup menolak perdagangan dan pemeliharaan kura-kura dengan alasan perdagangan tersebut telah membuat ribuan binatang jenis ini mati prematur. Kematian yang seharusnya tidak terjadi seandainya para pemilik kura-kura tersebut memiliki pengetahuan yang cukup untuk memeliharanya. Sayangnya sebagian besar pembeli kura-kura ini adalah anak-anak kecil, yang terkadang perilaku bermain mereka justru membuat kura-kura tersiksa dan mati secara prematur. Jika Anda memang berniat untuk memelihara kura-kura, mungkin bacaan-bacaan yang juga menjadi referensi saya ini dapat bermanfaat :
Pengenalan Dasar Kura-Kura
Merawat Kura-kura Brazil
Kura-kura Brazil: Fakta dasar dan perawatan kesehatan
Hobby - Pakan Kura-kura Brasil
Usaha Potensial Kura-kura Brasil



(*saya pernah dengar cerita, beberapa hewan peliharaan memiliki hubungan emosional dengan pemiliknya) Hehe.. Saya masih belum menemukan jawabannya. Adakah pembaca yang dapat membantu saya untuk menemukan penyebab kedua kura-kura saya itu mogok makan?

3 comments:

  1. Link-nya nggak ada ya? Tapi ceritanya menarik sekali.. Untuk informasi lengkap seputar dunia kura-kura Brazil, gabung saja di Forum Khusus Pencinta Kura-kura Brazil (www.KuraBrazil.info)

    ReplyDelete
  2. assalamualikum,, slm knl sya kurnia setyo wibowo sya pnggmar kura-kura brazil,, mungkin kura-kura kmu mogok makan karena pernah memakan makanan yg sulit dicerna,, dlu sya jg prnh mngalami hal yg sama,, stlah aya perhtikan tryta kura-kura sya mgok mkan krena sya kasih tlang stong yg brlbhan,, yg mnybbkn kura-kura slit untk pup,, mgkn kura-kura kmu py mslh yg sma dngn sya...

    ReplyDelete
  3. sekor kure2 sy jd pasif la sjak akhir2 ney...sy xtaw npe..dlu,,die aktif sgt,,main2..tp skunk da x..asyik tido..krg brgerak...yg sekor lg lak sy xtaw la nape die cm lmbik je...sy xpasti smeade die da mati atau pun x..cne nk taw klw die da mati ek???

    ReplyDelete

networkedblogs